Jumat, 13 Juni 2014

Laporan Hasil Observasi Bahasa Indonesia


Nama Mahasiswa                    : Dyah Handayani
Tempat Observasi                   : SD Negeri 14 Pontianak Selatan
Kelas yang di Observasi         : IV B
Studi yang di Observasi          : Bahasa Indosesia
Tanggal  Observasi                  : Rabu, 27 Maret 2013
Waktu Observasi                     : 09.30 – 10.40 WIB

A. Kegiatan Belajar Mengajar

1.         Apersepsi :
       Guru bertanya apa ciri-ciri pantun yang di ketahui siswa


2.         Eksplorasi :
a.     Apakah pernah mendengar orang berbalas pantun di tv
b.    Dimana biasanya siswa mendengarkan orang berpantun
3.         Elaborasi :
a.     Menjelaskan ciri-ciri pantun
b.    Siswa maju kedepan menulis ciri-ciri pantun yang sudah dijelaskan
c.     Menjelaskan jenis-jenis pantun yang ada
d.    Murid membaca pantun yang ada dibuku
e.     Guru menyediakan pantun ( membuat pantun sendiri )
f.     Menjelaskan isi pantun dengan mengaitkan kehidupan siswa sehari-hari
g.    Siswa membentuk kelompok :
1.   yang terdiri dari 4 orang
2.   guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok
3.   guru memberi aturan dalam mengerjakan tugas yaitu ; tidak
     boleh melihat buku, satu orang bertugas mencatat
4.   Tiap kelompok membuat pantun
5.   Lalu dikumpulkan ke depan
h.    Dalam pengerjaan tugas, guru menjelaskan kembali cara membuat pantun yang baik perkelompok

4.         Konfirmasi
       Tidak ada konfirmasi karena guru kehabisan waktu saat menyuruh siswa membuat pantun secara berkelompok

5.         Penutupan
       Tidak ada penutupan pada saat mengakhiri pelajaran. Kelompok yang sudah selesai dipersilakan untuk pulang. Guru menunggu hingga kelompok terakhir mengumpulkan tugas sekaligus menilai hasil puisi kelompok yang sudah mengumpulkan.

B. Interaksi Guru dan Siswa
a.       Interaksi guru dan siswa cukup baik
b.       Siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru.
c.       Guru menegur siswa yang bermain saat guru menjelaskan
d.      Guru memberikan nasihat pada saat kegiatan pembelajaran

C. Penguasaan kelas
Guru  baik dalam manajemen (penguasaan) kelas. Guru menegur siswa yang mengganggu PMB di kelas.
D. Penguasaan waktu
Guru kurang baik dalam penguasaan waktu, karena pada waktu kerja kelompok murid tidak diberi batasan waktu. Sehingga siswa tidak merasa harus secepat mungkin mengumpulkan tugas walaupun sudah selesai. Yang mengakibatkan waktu habis dengan percuma tanpa guru bisa mengulang kembali materi yang telah diajarkan hari ini.
E. Penguasaan Materi
Guru menguasi materi yang akan diajarkan

F. Penggunaan Bahasa
Guru menggunakan bahasa indonesia dalam kegiatan pengajaran

G. Perangkat Pengajaran
Guru memiliki RPP dan Silabus, tapi bukan dibuat sendiri melainkan mengambil dari internet.

H. Metode Pengajaran :
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       kelompok

      I. Media pengajaran
a.       Buku paket
b.      Puisi buatan guru sendiri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar