Nama Mahasiswa : Dyah Handayani
Tempat Observasi : SD Negeri 14 Pontianak Selatan
Kelas yang di Observasi :
IV B
Studi yang di Observasi :
Bahasa Indosesia
Tanggal Observasi :
Rabu, 27 Maret 2013
Waktu Observasi : 09.30 – 10.40 WIB
A. Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Apersepsi
:
Guru bertanya apa
ciri-ciri pantun yang di ketahui siswa
2.
Eksplorasi
:
a.
Apakah
pernah mendengar orang berbalas pantun di tv
3.
Elaborasi
:
a.
Menjelaskan
ciri-ciri pantun
b.
Siswa
maju kedepan menulis ciri-ciri pantun yang sudah dijelaskan
c.
Menjelaskan
jenis-jenis pantun yang ada
d.
Murid
membaca pantun yang ada dibuku
e.
Guru
menyediakan pantun ( membuat pantun sendiri )
f.
Menjelaskan
isi pantun dengan mengaitkan kehidupan siswa sehari-hari
g.
Siswa
membentuk kelompok :
1.
yang
terdiri dari 4 orang
2.
guru
membimbing siswa dalam membentuk kelompok
3.
guru
memberi aturan dalam mengerjakan tugas yaitu ; tidak
boleh melihat buku, satu
orang bertugas mencatat
4.
Tiap
kelompok membuat pantun
5.
Lalu
dikumpulkan ke depan
h.
Dalam
pengerjaan tugas, guru menjelaskan kembali cara membuat pantun yang baik
perkelompok
4.
Konfirmasi
Tidak ada konfirmasi
karena guru kehabisan waktu saat menyuruh siswa membuat pantun secara
berkelompok
5.
Penutupan
Tidak ada penutupan
pada saat mengakhiri pelajaran. Kelompok yang sudah selesai dipersilakan untuk
pulang. Guru menunggu hingga kelompok terakhir mengumpulkan tugas sekaligus
menilai hasil puisi kelompok yang sudah mengumpulkan.
B. Interaksi Guru dan Siswa
a.
Interaksi
guru dan siswa cukup baik
b.
Siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru.
c.
Guru
menegur siswa yang bermain saat guru menjelaskan
d.
Guru
memberikan nasihat pada saat kegiatan pembelajaran
C. Penguasaan kelas
Guru baik dalam manajemen (penguasaan)
kelas. Guru menegur siswa yang mengganggu PMB di kelas.
D. Penguasaan
waktu
Guru kurang baik dalam penguasaan waktu, karena pada waktu kerja
kelompok murid tidak diberi batasan waktu. Sehingga siswa tidak merasa harus
secepat mungkin mengumpulkan tugas walaupun sudah selesai. Yang mengakibatkan
waktu habis dengan percuma tanpa guru bisa mengulang kembali materi yang telah
diajarkan hari ini.
E. Penguasaan
Materi
Guru menguasi materi yang akan diajarkan
F. Penggunaan Bahasa
Guru menggunakan bahasa indonesia dalam kegiatan pengajaran
G. Perangkat Pengajaran
Guru memiliki RPP dan Silabus, tapi bukan dibuat sendiri melainkan
mengambil dari internet.
H. Metode Pengajaran :
a.
Ceramah
b.
Tanya
jawab
c.
kelompok
I. Media
pengajaran
a.
Buku
paket
b.
Puisi
buatan guru sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar